Thursday 13th December 2018

Ziarah Makam Leluhur Awali Rangkaian Hari Jadi Blora 2018

Ziarah Makam Leluhur Awali Rangkaian Hari Jadi Blora 2018
(Bupati Djoko Nugroho menabur bunga usai ziarah di makam Sunan Pojok, Kamis, 6-12-2018)

BLORA- Rangkaian acara memperingati Hari Jadi ke-269 Kabupaten Blora dimulai Kamis 6-12-2018. Diawali dengan ziarah ke makam bupati-bupati Blora tempo dulu dan para leluluh Blora. Ziarah diikuti oleh Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H. Arief Rohman, jajaran Forkopimda, kepala OPD dan sejumlah tokoh agama.

Ziarah diawali di Komplek Makam Tirtonatan di Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora. Selain itu, di makam Sunan Pojok yang ada di selatan Alun-alun Blora. Rombongan kemudian ziarah ke makam Bupati Basuki Widodo di Kecamatan Cepu. ‘’Ziarah ini sebagai wujud penghormatan kami terhadap leluhur dan para Bupati terdahulu yang telah memimpin Blora,’’ ujar Bupati Djoko Nugroho.

Selain ketiga tempat tersebut, ziarah juga dilakukan rombongan lain di Makam Mr.Iskandar, Bupati Blora 1945-1948 yang ada di Makam Keluarga Prawirodirjan utara Gudang Banyu, dan juga ziarah Makam Janjang yang ada di Desa Janjang Kecamatan Jiken. Dua hari sebelumnya, juga telah dilaksanakan ziarah makam para Bupati terdahulu yang berada di luar kota. Seperti di Tuban, Semarang, Solo dan Temanggung. ‘’Ziarah menjadi kegiatan pembuka dalam peringatan Hari Jadi ke-269 yang puncaknya akan diperingati 11 Desember dengan Kirab Budaya,’’ kata Bupati Djoko Nugroho.

Masih dalam rangkaian acara memperingati Hari Jadi Blora, sejumlah acara akan digelar.
Diantaranya jamasan pusaka dan kirab pusaka yang diadakan kemarin. Selain itu, pagelaran wayang kulit dan ngaji budaya bersama Dalang Ki Sigid Ariyanto dan KH Budi Harjono dari Semarang di Blok T, 8 Desember. Dzikir akbar haul Blora dan pagelaran musik Nasida Ria di Alun-alun Blora, 9 Desember.

Adapun kirab budaya dilaksanakan 11 Desember. Sedangkan 14 Desember digelar malam hiburan resepsi Hari Jadi ke-269 mulai 19.30 WIB di Alun-alun Blora dengan bintang tamu penyanyi Betharia Sonata. Konser Musik “Blora Rock n Love’’ bersama grup band GIGI dihelat 29 Desember 2018. Peringatan Hari Jadi Blora tahun ini mengusung tema Blora Jiwa Nusantara.

Reporter : Ais
Editor : Syafik