Thursday 13th December 2018

Bawaslu Blora Ajak Media Ikut Awasi Pemilu

Bawaslu Blora Ajak Media Ikut Awasi Pemilu
(Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat yang digelar Bawaslu Blora, Selasa, 4-12-2018.)

Blora- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Blora mengajak media massa turut mengawasi jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019. Masa kampanye merupakan tahap krusial sehingga butuh pengawasan ketat.

Bawaslu mengundang seluruh wartawan di Blora yang mewakili medianya masing-masing, Selasa, 4-12-2018. Mereka dipertemukan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat di aula Hotel Almadina.

Menurut Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan, acara diikuti perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019 dan tim kampanye pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Pihaknya menyadari Pemilu 2019 prosesnya cukup panjang. “Untuk fungsi pengawasan diperlukan peran semua pihak dan media massa,’’ ujarnya, Selasa 4-12-2018.

Menurutnya, media massa bisa berfungsi sebagai informan dalam menyampaikan tahapan pemilu. Media massa juga bisa menjadi sarana kontrol sosial dalam memberikan informasi ke publik terkait aktivitas peserta pemilu. “Peran media massa diharapkan membantu menyampaikan informasi dugaan pelanggaran pemilu,’’ kata Lulus.

Acara itu juga menampilkan materi pengawasan kampanye oleh anggota Bawaslu Blora, Sugie Rusyono. Para wartawan yang hadir mengaku tercerahkan dengan penyampaian materi itu. ‘’Kami menjadi paham apa yang boleh dan tidak terkait kampanye melalui media massa,’’ kata Sumantri, salah seorang wartawan di Blora.

Rapat koordinasi juga menghadirkan pemateri dari unsur wartawan untuk menjelaskan peran media massa dalam pengawasan pemilu. Rapat itupun menjadi lebih gayeng seiring disediakannya sesi tanya jawab. Dari partai politik menanyakan penertiban alat peraga kampanye juga soal pencegahan oleh Bawaslu terkait praktik money politics.

Reporter : Ais
Editor : Sujatmiko