Thursday 13th December 2018

Jalan Nasional Cepu-Blora Dilebarkan

Jalan Nasional Cepu-Blora Dilebarkan
(Ruas jalan Blora-Cepu selepas dari tugu masuk Kota Blora hingga Desa Cabak akan dilebarkan dari enam meter menjadi sembilan meter tahun ini)

Blora-Jalan nasional yang menghubungkan Cepu-Blora, Jawa Tengah, dilebarkan. Pengejaan proyek diproyeksikan dimulai pada bulan Desember 2018 ini.

Lokasi pelebaran jalan tepatnya berada di Desa Seso hingga Cabak Kecamatan Jiken, atau sekitar 21 kilometer arah timur Kota Blora. Jalan nasional ini, masuk jalur tengah yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yaitu lewat Rembang-Blora-Cepu, Jawa Tengah dan tembus di Kecamatan Padangan-Bojonegoro atau Ngawi, Jawa Timur.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalur Rembang-Blora-Cepu, Ratno, proyek pelebaran jalan di lingkup Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini, harusnya dimulai Juli 2018. Tetapi pelaksanaanya tertunda karena lelang proyek diulang. Itu terjadi seiring dikabulkannya sanggahan yang diajukan sebuah perusahaan peserta lelang. ‘’Lelang ulang sudah selesai,” ujarnya. Dia menambahkan, perusahaan pemenang lelang ulang tidak berubah dan sama dengan lelang sebelumnya.

Ratno mengatakan, perusahaan pemenang lelang diharuskan bisa menyelesaikan proyek dalam waktu 13 bulan. Padahal, sebelum ada lelang ulang, waktu pengerjaan proyek selama 18 bulan. Sehingga Desember 2018 ini pengerjaannya dimulai dan berakhir Desember 2019 depan atau multiyears. “Jangan sampai tertunda meski musim hujan,’’ imbuhnya.

Selain durasi yang singkat, lanjut Ratno, pagu anggaran proyek nasional itupun berkurang. Yakni dari sebelumnya Rp 84 miliar menjadi Rp 83 miliar. Dengan dana yang dianggarkan dalam APBN, kontraktor akan melebarkan jalan dari enam meter menjadi sembilan meter, pengaspalan hotmix serta membangun selokan di kanan-kiri jalan. Bentuknya, hampir sama dengan proyek ruas jalan Sambong-Cepu yang selesai tahun lalu.

Status ruas jalan Rembang-Blora-Cepu telah berubah dari jalan Provinsi Jateng menjadi jalan nasional sejak 2016. Tahun lalu, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 31,9 miliar untuk proyek preservasi dan pelebaran jalan Blora-Cepu di Kecamatan Sambong dari Buk Brosot hingga perempatan Puskesmas Sambong.

Lebar jalan sebelumnya enam meter menjadi sembilan meter. Di kanan kiri di ruas jalan nasional juga ada pembangunan talud dan drainase saluran air agar badan jalan tidak rusak ketika hujan turun deras. ‘’Sudah lama kami menunggu ruas jalan Seso-Cabak dilebarkan,’’ kata Sugiyanto, salah seorang warga Kecamaan Jepon, Blora

Reporter : Ais
Editor : Sujatmiko