Thursday 13th December 2018

Bertemu Banom NU, Pemkab Bojonegoro Sampaikan Program Prioritas

Bertemu Banom NU, Pemkab Bojonegoro Sampaikan Program Prioritas
(Bupati Bojoengoro Anna Muawanah bersalaman dengan Pengurus Muslimat NU, setelah Audiensi di Ruang Angling Dharmo, Jum'at 30-11-2018)

Bojonegoro- Satu per satu Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Kepala Dinas diminta oleh Bupati Anna Muawanah untuk menyampaikan program-programnya. Penyampaian program ini dilakukan dihadapan Pengurus Badan Otonom Nahdhlatul Ulama Bojonegoro, Anshor dan Muslimat, Jum’at 30-11-2018, di ruang Angling Dharmo. Gedung Pemkab Bojonegoro.

Dari Bagian Kesejahtaraan Rakyat (Kesra), program prioritasnya adalah bantuan insentif untuk ustad/ustadzah di TPQ atau Madin. Berikutnya bantuan dana kematian bagi keluarga kurang mampu. “Juga ada Insentif kepada pengelola rumah ibadah” Kata Sahari, Kabag Kesra.

Welly Fritama, selaku Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta karya menyampaikan program bedah rumah, Air bersih dan Open Defacation Free (ODF) “jika masyarkat punya masalah tersebut silahkan lapor ke kami” Kata Welly Fritama.

Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro memiliki Program Pelatihan-Pelatihan, seperti Pembuatan kompos, Pengelolaan bahan pangan “Kami Juga mempunyai kelompok Tani Wanita” Kata Ahmad Jupari, Kepala Dinas Pertanian.

Berikutnya Nurul Azizah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, menyampaikan program pelatihan pengelolaan sampah agar punya nilai jual “kita punya kelompok pengelola sampah wanita” Kata Nurul Azizah.

Kepala Dinas Sosial Helmy Elisabeth,menyampaikan komitmen Pemkab Bojonegoro untuk membantu penyandang masalah kesejahteraan sosial diantaranya seperti anak terlantar, anak jalanan, Lansia yang terlantar. Selain itu dinsos juga membantu masyarakat yang memiliki penyakit kronis menahun “Ada juga bantuan kepada penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa tetap berkarya” Kata Helmy Elisabeth

Kepala Dinas Kesehatan Ninik Sumiati, menyampaikan bahwa untuk masyarakat Bojonegoro berobat di Puskesmas dan Rumah Sakti Umum Daerah, gratis asal memiliki kartu BPJS atau Jamkesda Dinas Kesehatan juga memfasilitasi untuk penerbitan sertifikat PIRT agar Produk-produknya bisa masuk ke swalayan “mohon dibantu mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas” Kata Ninik Sumiatti.

Kepala Dinas Perdagangan, Agus Hariana Panca Putra dalam paparanya, menyampaikan Program Kartu Pedagang Produktif, dimana itu untuk melindungi pedagang dari jeratan rentenir “program ini bisa mengurangi beban dari para pedagang” Kata Agus Hariana.

Kepala dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Elzadeba Agustina menyampaikan progam bantuan kepada koperas-koperasi untuk menjalankan roda ekonominya “Selain itu ada vasilitasi kepada pelaku usaha yang sudah memiliki usaha” Kata Elzadeba Agustina.

Bupati Bojonegoro Anna Mua’wanah menyampaikan bahwa apa yang disampaikan tadi merupakan program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Semua program itu memiliki syarat yang harus dipenuhi, untuk itu silahkan di komunikasikan kepada SKPD Terkait terkait syarat-syaratnya “Kami butuh bantuan Muslimat dan Anshor untuk mensosialisaikan” Kata Bupati Bojonegoro.

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro

Editor : Syafik