Thursday 13th December 2018

Bawaslu Bojonegoro Intensifkan Pengawasan APK

Bawaslu Bojonegoro Intensifkan Pengawasan APK

Bojonegoro-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro, berencana meningkatkan frekwensi pengawasan  Alat Peraga Kampanye (APK). Tindakan ini sebagai solusi atas permasalahan yang muncul dalam rapat koordinasi tata cara penertiban APK, di Kantor Bawaslu, Rabu, 28-11-2018.

Permasalahan muncul ketika dalam penertiban APK, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berpedoman pada Peraturan Bupati nomor 31 tahun 2017, tentang Pemasangan Atribut Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, dan Perorangan di Kabupaten Bojonegoro. Dalam Perbup ini Satpol PP berhak menertibkan atribut partai politik yang melanggar ketentuan, sesuai dengan jadwal penertiban Satpol PP.

Sementara Bawaslu berpedoman pada Perbawaslu nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan kampanye Pemiliu. Dalam Perbawaslu ini penertiban APK yang melanggar harus melalui mekanisme rekomendasi sebelum melakukan penertiban.

Komisioner KPU Bojonegoro, Mustofirin yang hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut, meminta kepada peserta Rapat untuk menggunakan satu aturan saja yang dipedomani dalam penertiban APK. Karena pemasangan APK dalam konteks pemilu, pihaknya meminta berpedoman pada Peraturan Bawaslu “ sehingga peserta pemilu mendapatkan keadilan” Kata Mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bojonegoro ini.

Dian Widodo, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bojonegoro mengatakan pihaknya tetap berpedoman pada Perbawaslu 28 tahun 2018. Dan agar sesuai dengan jadwal dari Satpol PP, maka pihaknya berencana lebih insentif melakukan pengawasan. Dari hasil pengawasan, dalam setiap hari tertentu setiap minggu akan mengirimkan rekomendasi kepada pihak terkait “ini solusi yang akan kita lakukan” Kata Dian Widodo.

Dari Pihak Satpol PP yang diwakili oleh Beny S, mengatakan pihaknya akan menyampaikan permasalahan tersebut pada pimpinanya “Kita laporkan dulu” Kata Beny.

Rapat Koordinasi ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas Polres Bojonegoro, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas).

Reporter : Tim
Editor : Syafik