Thursday 13th December 2018

Festival GeoPark Bojonegoro, Era Baru Wisata Bojonegoro

Festival GeoPark Bojonegoro, Era Baru Wisata Bojonegoro
(Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Menerima Hadiah Lukisan Naga dari Dandim 0813, Letkol Arh. Redinal Dewanto, Khayangan Api , 24-11-2018)

Bojonegoro-Malam itu, 24-11-2018, khayangan api benar-benar bersinar, lampu warna –warni sudah mulai terlihat di pintu gerbang masuk lokasi api abadi tersebut. Puluhan mobil terparkir di kanan kiri jalan menuju lokasi begitu juga ratusan sepeda motor pun terlihat berjajar rapi di area parkir.

Di lokasi khayangan api berdiri panggung megah dengan tata cahaya yang menarik, meski demikian kesan sakral lokasi wisata yang berada di Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem masih terasa. Orang-orang dengan pakaian adat berlalu lalang, ada yang mempersiapkan diri untuk tampil, ada yang menata perlengkapan agar festival yang pertama kali ini berjalan lancar.

Tibalah waktu pembukaan acara Festival yang digadang-gadang menjadi festival unggulan di Kabupaten Bojonegoro. Para penari tengul pun memasuki venue acara dengan lemah gemulai para penari ini menyajikan tarian karya Bojonegoro asli ini.

Wakil Bupati Budi Irawanto yang hadir dalam Festival yang akan berlangsung hingga 25 -11-2018 ini menyampaikan Gerakan sadar wisata akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. Untuk itu dirinya dan Bupati Anna Muawanah akan memprioritaskan dalam penyediaan infrastruktur pariwisata terutama jalan menuju akses Wisata “akses jalan akan kita bangun” Kata Wakil Bupati Wawan-Panggilan Wakil Bupati Budi Irawanto-

Setelah memberikan sambuatn Wakil Bupati Bojonegoro yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Bojonegoro Amir Sahid memukul rampak gendang sebagai tanda dibukanya puncak Festival Geopark.

Dalam puncak festival Geopark malam ini, juga dilakukan launching motif batik Bojonegoro, karya Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0813 Bojonegoro. Motif batik naga karya Letnan Kolonel (Letkol) Arh. Redinal Dewanto sebagai hadiah untuk Hari Jadi Bojonegoro ke 341. Secara simbolis Letkol Arh Redinal Dewanto menyerahkan lukisan naga kepada Wakil Bupati Bojonegoro.

Selanjutnya masyarakat yang hadir dalam puncak Festival Geopark dihibur dengan Orkes yang dipimpin oleh Djadug Ferianto, yaitu Orkes Sinten Remen dari yogyakarta. Juga ada musik etnis yang dimainkan oleh anak-anak Bojonegoro. Musik etnis mendapatkan pelatihan khusu dari Seruti Respati. Seruti sendiri tampil berkolaborasi dengan Indro Harjo dari jakarta.

Tidak berhenti sampai disitu, masyarakat masih bisa menikmati lantunan suara indah dari Regina Ivanova atau lebih dikenal dengan Regina Idol. Untuk tanggal 25-11-2018, masyarakat akan mendapatkan hiburan artis nasional, Andji.

Sumber : Humas Pemkab Bojoengoro

Editor : Syafik