Thursday 13th December 2018

Pipa Gas JTB Akan Konek ke Pipa Gas Semarang-Gresik

Pipa Gas JTB Akan Konek ke Pipa Gas Semarang-Gresik
(Konferensi Pers Direktur Utama PEPC dan Direktur Utama PT. Rekind, Gedung Patra Jasa, Jakarta,Jum'at 9-11-2018)

Jakarta-Direktur Utama Pertamina EP Cepu (PEPC) Jamsaton Nababan mengatakan, pipa gas dari proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) akan dikoneksikan dengan pipa gas Semarang-Gresik milik PT Pertagas.

Untuk itu, pihak PEPC PT dan Rekayasa Industri (Rekind) selaku Lead Consortium Rekind –JGC Indonesia-JGC Corporation (RJJ) mempercepat proyek pipa gas ini. Yaitu agar pipa keduanya bisa berhubungan dan tersambung.”Ya, akan kita koneksikan,” ujarnya dalam jumpa pers di Gedung Patra Jasa, Jakarta, Jumat 9-11-2018.

Jamsaton menyebutkan, pipa yang akan dibangun dari kawasan JTB ke jalur pipa transmisi Semarang-Gresik sekitar 12 kilometer. Dengan akan digabungkan, maka memudahkan untuk distribusi gas. Baik itu yang sudah dipesan oleh Perusahaan Listrik Negara atau juga dibagi di Jawa Timur maupun di Jawa Tengah.

Pemasangan pipa diproyeksikan akan bisa selesai pada tahun 2019. ,”Pita berupaya proyek pipa ini selesai tahun depan,” tandas Jamsaton. Ditambahkan, bahwa pipa gas di dari JTB itu ibarat jalan arteri dan pipa gas Semarang-Gresik itu jalan tolnya.”Memudahkan distribusi,” paparnya.

Seperti diketahui pembangunan pipa transmisi Gresik – Semarang yang melewati Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sebagian telah rampung. Proyek ini adalah konsorsium PT Wika, PT Kelsri dan PT Rabana. Pemasangan pipa ini sebagian besar mengikuti jalur rel PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Proyek JTB merupakan unitisasi antara Lapangan Jambaran yang masuk Blok Cepu dan Lapangan Tiung Biru dengan operator PEPC. Sedangkan proyek ini menelan biaya sekitar dolar Amerika 1,547 miliar.

Reporter : sujatmiko
Editor : Syafik