Wednesday 14th November 2018

Dialog Publik di Kecamatan, Perkuat Sistem Pengaduan Masyarakat

Dialog Publik di Kecamatan, Perkuat Sistem Pengaduan Masyarakat
(Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah saat Menjadi Keynote Speakers dalam acara IPS Forum 2018, JCC, Jakarta, Rabu, 7-11-2018)

Jakarta- Guna memperkuat Sistem Pengaduan Masyarakat, dialog publik tidak lagi di Pendopo namun berpindah ke Kecamatan-kecamatan untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di Lapangan” Kata Bupati Anna Mu’awanah ketika menjadi Pembicara kunci atau keynote Speaker dalam acara bertaraf internasional di Jakarta Convention Center , Rabu 7-11-2018.

Sebelumnya Bupati Anna Mu’awanah dalam ajang bertajuk The Interational Public Service (IPS) Forum 2018 menjelaskan sistem pengaduan masyarakat yang dapat ditangani dengan cepat dan tepat oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro , yakni masyarakat dapat menyampaikan pengaduan melalui media sosial, baik Whatsapp, Facebook, Twitter atau melalui Radio atau dalam dialog publik atau dengan melihat kondisi langsung di lapangan, selanjutnya pengaduan dimasukan dalam sistem yang diberi nama SIAP LAPOR (Sistem Integrasi Aspirasi Publik-Layanan Pengaduan Online Rakyat). Dalam sistem ini yang sudah terkoneksi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau sekarang di sebut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai permasalahanya, dari sini OPD melakukan analisa untuk dijadikan isu strategis yang dijadikan dasar pengambilan keputusan sebagai tindak lanjutnya “Dengan penyebaran geografis Kabupaten Bojonegoro pengaduan dapat berbasis online dan offline” Jelas Bupati Anna Mu’awanah.

Acara yang dibuka oeh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini adalah ajang untuk memperkenalkan inovasi pelayanan publik kepada dunia Internasional. Hadir dalam IPS Forum 2018 perwakilan dari negara-negara lain diantaranya Azerbaijan, Georgia, Korea, Fhilipina, Amerika Serikat, dan Jerman.

Penyelenggaraan acara yang baru pertama kali digelar oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) ini adalah wadah untuk memperkenalkan program pelayanan publik unggulan yang sudah ada di Indonesia. Sehingga, ke depan diharapkan muncul terobosan inovasi baru dalam hal pelayanan publik yang secara terus-menerus untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro
Editor : Syafik