Wednesday 14th November 2018

Bupati Blora Perintahkan Camat Awasi Pembangunan Desa

Bupati Blora Perintahkan Camat Awasi Pembangunan Desa
(Rapat koordinasi (rakor) pendampingan desa yang dihadiri Bupati Djoko Nugroho (kanan), Senin 5-11-2018.)

BLORA- Bupati Djoko Nugroho meminta para camat ikut mengawal dan mengawasi pembangunan di desa dalam wilayahnya masing-masing. Permintaan itu dikemukakan Bupati saat menyampaikan arahan pada rapat koordinasi (rakor) pendampingan desa, Senin, 5-11-2018. Rakor diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo.

Bupati Djoko Nugroho di hadapan seluruh camat yang mengikuti rakor mengemukakan, anggaran yang digelontorkan pemerintah ke desa-desa cukup besar untuk memajukan desa. Untuk itu Bupati meminta kepada para Camat agar mengawal perencanaan dan mendampingi serta mengawasi pelaksanaanya “Kawal dan Awasi” Kata Bupati Bloar.

Lebih lanjut Bupati Djoko Nugroho menyampaikan desa perlu didampingi dan dipacu untuk melakukan inovasi sesuai dengan potensi apa yang ada di wilayahnya. “Agar target pembangunan desa bisa tercapai,’’ tegas Bupati Djoko Nugroho.

Kepada desa yang aktif melakukan inovasi dalam hal pembagunan, Bupati meminta para camat untuk mendukungnya. Terlebih jika inovasi itu dapat memecahkan permasalahan yang ada di desa tersebut sehingga bisa ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa.

Camat juga diminta untuk mengawal proses pembagian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Melalui BPNT, keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp 110.000 setiap bulan. Bantuan itu selanjutnya dibelikan beras dan atau telur di Warung Gotong Royong Elektronik (e-Warong) yang telah ditunjuk pemerintah bersama BNI. ‘’Kawal pembagian kartu kombo BPNT tersebut, jangan sampai semrawut,’’ ujar Bupati.

Kepada camat yang di wilayahnya terdapat kelurahan, Bupati mengingatkan bahwa Pemerintah mulai tahun depan akan memberikan dana kelurahan. Bupati meminta para camat untuk aktif mencari informasi tentang apa itu Dana Kelurahan, bagaimana mekanisme penggunaannya hingga pelaporannya.

Kepala Dinas PMD Blora, Gunadi, dalam laporannya yang disampaikan Sekretaris Dinas PMD, Indah Purwaningsih, mengemukakan, rakor digelar untuk membangun sinergitas dalam pendampingan, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa.

Reporter : Ais
Editor : Syafik