Wednesday 14th November 2018

Demo Pertama, di Awal Kepemimpinan Bupati Anna

Demo Pertama, di Awal Kepemimpinan Bupati Anna
(Para Pengunjuk Rasa Berorasi di Jalan Mastumapel, depan Pendopo Malowopati Bojonegoro, Senin, 5-11-2018)

Bojonegoro-Pagi hari Senin 5-11-2018, ratusan orang berunjuk rasa didepan Pendopo Malowopati di Jalan Mas tumapel Bojonegoro. Ratusan massa dari pedagang yang berjualan di jalan depan Pasar kota pada malam hari ini, membentangkan spanduk yang bertuliskan “Ngayomi, Ngopeni, Aku emooh di pindah” dan beberapa poster yang isinya penolakan untuk ditata. Ini adalah Demonstrasi atau unjuk rasa pertama sejak Bupati Anna Muawanah dan Wakil Bupati Budi Irawanto dilantik pada 24 Septemer 2018 lalu.

Setelah beberapa saat para pengunjuk rasa diminta masuk ke pendopo malowopati untuk berdialog dengan Bupati dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah yang terkait dengan Penataan Pedagang tersebut, diantaranya Pelaksan Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan, Agus Hariyana, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gunawan, Asisten II, Setyo Yuliono. Hadir dalam dialog tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, Sigit Kushariyanto, Wakil Ketua DPRD, Sukur Prianto dan juga Kepala Kepolisian Resort Bojonegoro, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ary Fadli.

Dengan pengawalan dua peleton anggota Polres Bojonegoro yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bojonegoro, Para pengunjuk rasa pun diperkenankan memasuki pendopo malowopati , setelah mendapatkan snack dan air mineral, para pengunjuk rasa duduk di kursi yang disediakan, sambil menunggu kedatangan Bupati Anna Mun’awanah, beberapa saat kemudian Bupati Anna Mu’awanah memasuki pendopo dan menyalami para peserta unjuk rasa dimulai dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bojonegoro yang duduk paling kanan, berikutnya dengan para pedagang yang hadir. Kehadiran Bu Anna mendapatkan sambutan dengan meneriakan “ Hidup Bu Anna…Hidup Bu Anna..” dari para pengunjuk rasa ketika Bu Anna menyalami peserta unjuk rasa di kursi paling depan.

(Bupati Anna Muawanah Bersalaman dengan Pengunjuk Rasa, Pendopo Malowopati, Senin, 5-11-2018)

Dalam dialog tersebut Bu Anna memberikan kesempatan kepada para pihak untukmenyampaikan aspirasinya, baik dari DPRD, Kasatpol PP maupun dari pengunjuk rasa yang diwakili oleh tiga orang yaitu, Kayan, Yanto dan Ugik. Pada akhir dialog Bupati Anna menyampaikan tanggapan atas hasil dialog tersebut. Dialog berakhir pukul 11.00 dan Bupati Anna meninggalkan pendopo malowopati. Dan sebagian pengunjuk rasa sudah meninggalkan pendopo , sementara sebagian yang lain bertahan di pendopo.

Reporter : Tim
Editor : Syafik