Wednesday 14th November 2018

Blora Engkek Tampil di Car Free Day Jakarta

Blora Engkek Tampil di Car Free Day Jakarta
- Festival Budaya Blora yang dikemas dalam acara Blora Engkek meramaikan Car Free Day di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018). Foto Humas Pemkab Blora

Jakarta- Festival Budaya Blora yang dikemas dalam acara “Blora Engkek”  meramaikan Car Free Day di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018). Bedanya, Blora Engkek part 2 yang tahun lalu dimeriahkan satu paguyuban Seni Barongan, tahun ini pada part 3 menampilkan tiga paguyuban Seni Barongan Blora.

Mengambil start dari dekat Halte Busway Dukuh Atas, festival budaya dilaksanakan dengan arak-arakan Seni Barongan Blora menuju Bundaran Hotel Indonesia atau Tugu Selamat Datang dan berputar kembali ke Dukuh Atas. Selama arak-arakan, seni barongan berhasil menarik ribuan penonton di sepanjang Jalan Sudirman. Warga Jakarta yang sedang berolahraga di ajang Car Free Day itupun ikut berjalan mengikuti kesenian Barongan Blora dan mengabadikan pertunjukannya.

Koordinator Penyelenggara Festival Budaya Blora Engkek; Dandung Sri Harninto, menyatakan event ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan Ikatan Alumi SMA Negeri 1 Blora (ILUSA) bekerjasama dengan berbagai komunitas warga Blora yang ada di Jakarta. “Kegiatan tahunan ini semoga bisa semakin mengenalkan Blora di kancah nasional, mengingat warga Jakarta berasal dari berbagai wilayah Indonesia,” ucapnya

Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut bersama keluarganya juga mengapresiasi acara Blora Engkek. Menurut Wakil Bupati, acara ini sangat efektif untuk memperkenalkan kekayaan seni budaya daerah.“Terimakasih ILUSA, Komunitas Perantau Blora (Kopra) dan komunitas lainnya yang sudah membantu terselenggaranya Blora Engkek ini dengan sukses” katanya yang juga ikut mengarak barongan.

Adapun ketiga paguyuban seni barongan yang tampil dalam acara Blora Engkek kali ini adalah Barongan Mustika Jaya Kusuma dari Kopra Tengerang, kemudian Barongan Satria Ambutama dari Kopra Tebet Jakarta dan Barongan Karya Budaya dari Komunitas Perantau Sambong di Cakung.

Sumber : Humas Pemkab Blora
Editor : Sujatmiko