Wednesday 14th November 2018

Pemkab Blora Akhirnya Alokasikan Anggaran Peparprov

Pemkab Blora Akhirnya Alokasikan Anggaran Peparprov
(Ketua NPC Blora, Sriyono Abdul Qohar)

Blora- Permasalahan anggaran keikutsertaan kontingen National Paralympic Committee (NPC) Blora pada Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah 2018, akhirnya terpecahkan. Itu setelah Pemkab melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dan lembaga terkait mengalokasikan dana tersebut. Anggaran sebesar Rp 50 juta itu diambilkan dari alokasi anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang tidak terserap dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018.

Ketua KONI Blora, Hery Sutiyono, menjelaskan, pihaknya sebelumnya menganggarkan dana bonus peraih medali emas Porprov di Solo, 19-25 Oktober, dengan kuota 30 keping emas.

Atlet Blora peraih satu keping medali emas di Porprov akan menerima bonus Rp 40 juta. Namun karena kontingen Blora hanya mendapatkan 17 keping emas, kuota dan anggaran itupun tidak akan terserap seluruhnya. ‘’Dari sisa dana itulah nantinya akan dialokasikan untuk keikutsertaan kontingen NPC Blora di Peparprov 2018. Jumlahnya sekitar Rp 50 juta. Sedangkan sisa dana lainnya akan digunakan untuk pengadaan peralatan di sejumlah cabang olahraga,’’ ujarnya, Jumat, 2-11-2018.

Pernyataan senada dikemukakan pula Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, H Kunto Aji. Dia menyatakan, jajaran di Dinporabudpar telah menggelar rapat membahas anggaran keikutsertaan NPC Blora di Peparprov 2018. Bersama KONI, hasil rapat itu selanjutnya diajukan ke Sekretaris Daerah (Sekda), Komang Gede Irawadi. ‘’Anggaran keikutsertaan NPC Blora di Peparprov bersumber dari APBD. Nanti akan dibuatkan proposal sehingga sesuai dengan ketentuan yang berlaku,’’ ungkapnya.

Peparprov Jateng 2018 akan berlangsung di Solo, 13-16 November. Peparprov merupakan event olahraga yang akan diikuti para atlet difabel dari seluruh kabupaten dan kota di Jateng. NPC Blora menurut rencana akan memberangkatkan sebanyak 17 orang atlet untuk berlaga di multievent olahraga empat tahunan tersebut. Ketua NPC Blora Sriyono Abdul Qohar, sebelumnya mengungkapkan anggaran untuk keberangkatan dan akomodasi atlet Blora di Peparprov masih belum ada. Pertemuan untuk membahas pendanaan Peparprov dengan dinas terkait beberapa pekan lalu belum mendapatkan titik temu. Adapun anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 50 juta.

Reporter : Ais
Editor : Syafik