Wednesday 14th November 2018

Bojonegoro Barat Terparah Bencana Puting Beliung

Bojonegoro Barat Terparah Bencana Puting Beliung
(Pohon trembesi bersar ambruik diterjang puting beliung di Jalan Raya Ngawi-Padangan, tepatnya di Desa Cendono, Bojonegoro, pada Sabtu 3-11-2018) Foto Dok. BPBD Bojonegoro

Bojonegoro-Kabupaten Bojonegoro bagian barat menjadi daerah terparah atas dampak angin puting beliung, pada Sabtu sore 3-11-2018. Beberapa rumah, tower dan pohon roboh diterjang angin kencang yang menyasar di awal musim penghujan ini.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menyebutkan, daerah terparah bencana putting beliung menyasar di sejumlah desa di Kecamatan Padangan, Gayam dan Kecamatan Purwosari. Pendataan bencana alam ini masih dilakukan petugas dari BPBD.

Hujan disertai angin kencang merobohkan rumah milik Ngasri, warga Desa Punggur RT 03/RW 04 Kecamatan Purwosari. Angin juga merobohkan pagar sebelah timur Sekolah Dasar Negeri Tlatah. Bencana alam awal musim hujan ini terjadi pada Sabtu sore sekitar pukul 16.00 waktu setempat.”Anginnya kencang sekali,” papar warga yang melapor ke Kantor BPBD Bojonegoro lewat layanan telepon selular, Sabtu petang.

Angin kencang juga merobohkan sejumlah pohon besar yang kemudian membuat macet lalu lintas. Di antaranya pohon randu di di Jalan Raya Bojonegoro-Cepu, teptnya di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam. Akibatny akses jalan nasional penghubung Provinsi Jawa Tengah-Jawa Timur ini, terganggu.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Padangan Ngawi tepatnya Desa Cendono Kecamatan Padangan. Pohon besar yang tumbang yaitu trembesi yang roboh diterjang puting beliung. Pihak Kecamatan Padangan melakukan pengalihan jalur kendaraan roda dua dan empat berikut pemotongan pohon dan pembersihan.

Tak hanya itu tower milik Cacatan Sipil dan Kependudukan (Capilduk) Kabupaten Bojonegoro di Kecamatan Padangan, roboh. Tower tertiup angin kencang roboh dan menimpa rumah penduduk sekitarnya. Pihak BPBD Bojonegoro, masih menafsir kerugian akibat bencana ini.

Pelaksana Tugas BPBD Bojonegoro Nadif Ulfa menyebutkan pihaknya tengah mendata sejumlah kerusakan akibat bencana puting beliung. Selain itu timnya telah menyebar ke sejumlah titik lokasi bencana yang sebagian besar berada di Bojonegoro bagian barat.”Tim telah turun ke lapangan,” paparnya dalam release Sabtu sore.

Sumber : Tim
Editor : Sujatmiko