Wednesday 14th November 2018

Bawaslu Telah Tertibkan 45 Alat Peraga Kampanye

Bawaslu Telah Tertibkan 45 Alat Peraga Kampanye
(Komisioner Bawaslu, Dian Widodo, memaparkan tentang pengawasan pemilu, Bojonegoro, 3-11-2018)

Bojonegoro-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro hingga hari ini telah melakukan penindakan atas pelanggaran administrai dengan menertibkan 45 Alat Peraga Kampanye (APK) dan sedang melakukan penanganan dugaan pidana pemilu.
Hal tersebut disampaikan oleh Komisoner Bawaslu, Mujiono setelah acara Sosialisasi Pengawasan Kampanye Pemilu tahun 2019, Sabtu, 3-11-2018, di salah satu Café di Jalan Gajah mada “45 APK sudah kita tertibkan” Kata Mujiono.

Lebih lanjut tentang penempelan banner atau disebut Branding kendaraan diperbolehkan hanya untuk partai politik sementara untuk Calon Legislatif belum jelas aturanya “tinggal penindakanya seperti apa” Pungkas Mujiono.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemiliihan Umum (PKPU) nomor 28 tahun 2018 tentang perubahan PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye, pasal 1, angka 21, menyebutkan yang dimaksud kampanye adalah Kegiatan kegiatan Peserta Pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh Peserta Pemilu untuk meyakinkan Pemilih dengan menawarkan visi, misi, program, dan/atau citra diri Peserta Pemilu.

Menurut Komisioner Bawaslu Dian Widodo, yang dimaksud citra diri adalah menampilkan tanda gambar/foto dan /atau nomor urut peserta pemilu. Dan jika hanya salah satu yang ditampilkan tidak disebut sebagai kampanye “Jadi komulatif, artinya semua unsurnya harus ada” Kata Dian Widodo dalam sosialisasi yang dihadiri, Komisioner KPU Bojonegoro, Mustofirin dan Perwakilan dari Partai Politik serta Wartawan dari media cetak, elektronik dan media dalam jaringan atau media online ini.

Reporter : Tim
Editor : Syafik