Wednesday 14th November 2018

Tari Udhikan Lamongan Terbaik se-Jawa Timur

Tari Udhikan Lamongan Terbaik se-Jawa Timur
(Para Penari, Menampilkan Tari Udhikan dalam Festival Karya Tari Jawa Timur 2018, Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum'at 12-10-2018)

Lamongan-Tari Udhikan dari Lamongan sukses menjadi yang terbaik dalam Festival Karya Tari Jawa Timur 2018. Tari kreasi yang temanya diambil dari masyarakat Lamongan ini mendapat penghargaan kategori tiga penyaji terbaik. Penghargaan tersebut diterima Bupati Lamongan Fadeli saat peringatan hari jadi ke-73 Provinsi Jawa Timur di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya dari Gubernur Soekarwo, Jum’at (12/10).

Fadeli usai menerima penghargaan itu mengaku bangga dengan prestasi seni budaya Lamongan. Dia berharap para penggiat kesenian di Lamongan terus bersemangat menjaga kekayaan seni budaya Lamongan. Kesenian Lamongan secara rutin diikutkan dalam festival semacam ini. Dengan demikian seni budaya Lamongan bisa terjaga. Penggiat seni di Lamongan memiliki wadah menampilkan karya seninya, “ kata dia.

Tari Udhikan ini adalah kreasi dari Ninin Desinta bersama Tri Kristiani. Penata musiknya adalah Purnomo dan Pemusik oleh Zainal, Pras, Wahyu, Dimas, Bintang Purnomo, Udin, Didit, Andre, Diki serta Huda.

Menurut Ninin, Tari Udhikan ini menceritakan tradisi masyarakat petani Lamongan. Terutama dalam mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta, atas limpahan bumi yang subur makmur loh jinawi. Tarian ini juga menggambarkan kegembiraan, keguyubrukunan dan Kegotongroyongan masyarakat petani Lamongan. “Gambaran rasa syukur warga Lamongan, “ katanya menerangkan.

Selain meraih tiga penyaji terbaik, Tari Udhikan juga meraih penata tari terbaik oleh Ninin Desinta dan penata musik terbaik oleh Purnomo.

Sumber : Humas Pemkab Lamongan
Editor : Sujatmiko