Thursday 18th October 2018

Sekdes Siman, Qomarudin Salim
Pelayanan Siang Malam

Sekdes Siman, Qomarudin Salim <br> Pelayanan Siang Malam
(Sekretaris Desa Siman, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Qomarudin Salim)

Lamongan-Nama Qomarudin Salim, telah terpampang sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Siman, Kecamatan Sekarang, Kabupaten Lamongan mulai 29 Desember 2017 silam. Jauh sebelum jabatan ini diraih, pria ini meniti karier sebagai guru.

Qomar, demikian pria ini dipanggil, mengaku tertarik menjadi Sekdes, karena beberapa faktor. Salah satu di antaranya, bisa mengabdi ke masyarakat yang lebih luas. Makanya, setelah jabatan itu resmi diemban, dirinya siap bekerja dengan prinsip loyal dan profesional.”Total, loyal dan profesional,” ujar pria kelahiran Lamongan, 15 September 1985 ini.

Jiwa mengabdi dan berbagi sesama, sudah menjadi bagian dari komitmen pria ini. Sebelum menjabat Sekdes Siman, belasan tahun berkecimpung di dunia pendidikan. Qomarudin tercatat sebagai guru Madarasah Ibtidaiyah di Desa Kebalan Kulon, Kecamatan Sekaran, dari tahun 2004 hingga terpilih jadi Sekdes 2017 silam.

Sebagai guru senior, Qomar mengaku sudah mendapat sertifikasi plus impasing. Karenanya, dari sisi ekonomi tentu sudah di level mapan. Tetapi karier itu ditinggalkan setelah dinyatakan lolos tes menjadi Sekdes Siman. “Menjabat Sekdes itu bukan atas hitungan ekonomi dan hitung rugi. Tetapi karena ingin bermanfaat bagi masyarakat, “ ujar bapak dua putra buah pernikahannya dengan Ari Purwaningsih ini.

Apalagi, lanjutnya, jika penghasilannya sebagai Sekdes relatif lebih kecil dibanding guru bersertifikasi. Namun, semuanya dijalani dengan tulis ikhlas. “Soal rezeki, sudah diatus Sang Khalik,” imbuhnya.

(Sekretaris Desa Siman, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Qomarudin Salim, bersama Keluarga)

Qomar mengaku menikmati pekerjaan yang telah dijalani saat ini. Terkait beban pekerjaan, seperti urusan administrasi, diakui menguras tenaga. Tetapi, semuanya dilalui tanpa ada kata berat. Bekal pengalaman sebagai pendidik sangat membantunya dalam bekerja. “Pekerjaan menantang itu ya pelayanan masyarakat,” paparnya.

Khusus untuk pelayanan, lanjut Qomar, dirinya telah memberikan waktu panjang. Dan strategi yang diterapkan, pelayanan tidak harus di kantor desa tetapi bisa di rumah. Siang nun juga malam. Yang terpenting, jika ada masyarakat yang membutuhkan, harus siap melayani. Setidaknya bagi masyarakat di Desa Siman yang berpenduduk sekitar 2500 jiwa dengan 500 Kepala Keluarga ini. “Urusan waktu, bisa kapan saja, “ paparnya.

Soal pelayanan, lanjut Qomar, antara masyarakat dengan perangkat Desa Kasiman, harus fleksibel dan harmonis. Termasuk menjaga ritme kerja berikut sesama perangkat sehingga tercipta layanan kerja yang bagus. Mulai dari Kepala Desa Siman, juga perangkat di bawahnya.

Totalitas bekerja yang ditunjukkan Qomar membuahkan hasil. Karenanya oleh rekan sesama Sekdes memberi kepercayaan kepadanya sebagai Ketua Forum Komunikasi Sekdes Indonesia (Forsekdesi) Kecamatan Sekaran. Tanggung jawab itu pula yang membuatnya, kini terus memacu benaknya untuk memunculkan ide dan gagasan baru. “Doa dan dukungan semua ya,” tandas pria imbuh lulusan STIE Lamongan tahun 2009 ini menutup obrolan.(Adv)