Tuesday 11th December 2018

Semarak Festival Sepekan Samin

Semarak Festival Sepekan Samin

Bojonegoro-Suasana guyup rukun terlihat di Balai Budaya Samin, Dusun Jipang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro yang digelar mulai 23-27 September 2018.

Dimulai pentas seni, kemudian kegiatan Ngangsu Kaweruh Samin. Dari Ngudi Rosi, pemilihan Duta Samin, kontemplasi, Sudan Samin dan Gotong Royong Selapanan.

Hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut antara lain Ketua Karang Taruna Kab Bojonegoro Donny Bayu Setiawan. Kemudian Plt. Kepala Dinas PMD M.Chosim, jajaran Muspika Kecamatan Margomulyo. Juga perwakilan Kange Yune Bojonegoro, Pengurus ASIDEWI, tokoh masyarakat dan warga Margomulyo dan sekitarnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro, Donny Bayu Setiawan, terkesan dengan kebersahajaan kehidupan masyarakat Samin. Anggota DPRD Bojonegoro ini mengajak semua pihak ikut melestarikan budaya masyarakat Samin. Salah satunya dengan kegiatan ini.

Pada final Duta Samino Samini, Camat Margomulyo, Kasmari, menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini. Disebutkan hadirnya Duta Samino-Samini ini dapat mengangkat potensi lokal Margomulyo ke ranah yang lebih luas.”Tentu ini mengangkat kearifan lokal,” paparnya.

Pemilihan Duta Samino Samini pertama kali digagas oleh Margomulyo Youth Movement bekerjasama dengan Labseni Senthong Sekarjati. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para generasi muda Margomulyo agar lebih berperan aktif dalam pelestarian budaya serta kearifan lokal daerahnya

Reporter : Tim
Editor : Sujatmiko