Tuesday 11th December 2018

17 Program Prioritas Untuk Bojonegoro Intan

17 Program Prioritas Untuk Bojonegoro Intan
(Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, Gedung Grahadi Surabaya, 24-9-2018)

Bojonegoro-Setelah resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah – Budi Irawanto, memastikan untuk melaksanakan program-program yang sudah disampaikan dalam Kampanye. Seperti yang sering disampaikan terdapat 17 Program prioritas yang menjadi dasar untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bojonegoro 2018 -2023.

Anna – Wawan – Begitu akrab dipanggil – Bupati dan Wakil Bupati ini memilih Slogan Bojonegoro Intan (Indah – Tentram – Aman), sebuah harapan untuk Bojonegoro dalam 5 tahun ke depan. Untuk mewujdukan harapan masyarakat Bojonegoro, Bupati dan Wakil Bupati menyiapkan 17 Program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018 – 2023 yaitu :

  1. Perbaikan jalan, jembatan dan infrastruktur.
  2. KPM ( Kartu Petani Mandiri ) Plus, diantaranya pemberian 10 juta kepada setiap keluarga petani. Subsidi pupuk, bibit dan pakan ternak. Asuransi gagal panen 100%. Bea siswa anak petani SLTA sampai perguruan tinggi.
  3. Mendukung pengaturan Madrasah Diniyah melalui inisiasi Perda Madin.
  4. Sekolah gratis SD sampai SLTA
  5. 100 ribu lapangan kerja baru.
  6. Tambahan insentif GTT dan PTT.
  7. Program ALADIN (Perbaikan atap, lantai dan dinding rumah pra sejahtera ).
  8. Modal UMKM 100 juta untuk BUMDes dan 10 juta untuk setiap RT.
  9. Merevisi Perbup Nomor 35 Tahun 2015 untuk meningkatkan kesejahteraan kepala desa dan perangkat desa.
  10. Lingkungan ramah perempuan, anak, penyandang disabilitas serta kaum dhuafa.
  11. KESEHATAN meliputi layanan Puskesmas 24 jam. Memperkuat POLINDES. Gizi tambahan untuk ibu hamil dan menyusui.
  12. Kenaikan honor RT/RW 100% setiap bulan.
  13. Santunan duka 2.5 juta.
  14. Bojonegoro Green dan Smart City meliputi ruangan terbuka hijau, rumah terbuka ramah anak, serta akses informasi dan internet.
  15. Kemudahan perizinan dan investasi satu atap.
  16. Festival tahunan budaya Bojonegoro.
  17. Penataan pasar tradisional.

Dan tidak menunggun lama, meski baru dilantik hari Senin 24 – 9 – 2018, Anna- Wawan ternyata sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten yang dipimpin oleh Pejabat Sementara (Pj) Bupati Bojonegoro saat itu, untuk memasukan program prioritas tersebut dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) 2019, sehingga beberap program sudah masuk dalam R APBD 2019, diantaranya, Perbaikan Jalan, Jembatan dan Infrastruktur, Kartu Petani Mandiri (KPM), Sekolah Gratis SD sampai SLTA, Tambahan Insentif GTT dan PTT,Bantuan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Kenaikan honor RT dan RW, Santunan Duka.

Menurut Bupati Anna Muawanah, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk Bojonegoro dan harus dilakukan satu persatu sesuai prioritas yang manfaatnya paling besar untuk Bojonegoro diantara yang paling mendesak adalah Pembangunan Jalan, jembatan dan Infrastruktur “ Target kita tiga Tahun untuk menyelesaikan jalan, jembatan dan infrastruktur” Kata Bupati Anna Muawanah, dalam kesempatan bincang santai dengan jurnalis di kediamanya di Jalan dr. Soetomo, Bojonegoro, Rabu, 19 – 9- 2018 lalu.

Donny Bayu Setiyawan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Bojonegoro –Partai Pengusung Anna –Wawan- yang juga sebagai ketua Fraksi PDI P di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, Memastikan bahwa program prioritas Bupati dan Wakil Bupati yang baru, sudah masuk dalam R APBD 2019 “ “Kami berkepintangan agar program-program prioritas dapat masuk APBD 2019” Kata Pemuda yang juga Sekretaris DPC PDI P Bojonegoro ini.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bojonegoro dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Sunjani, sebagai partai pengusung pihaknya berkepentingan untuk memperjuangakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Anna Mu’awanah – Budi Irawanto dalam Pembahasan R APBD 2019, seperti program Kartu Petani Mandiri (KPM) dan Bantuan BUMDES “yang terpenting untuk wilayah kebijakan sudah di putuskan” Pungkas Mantan Wartawan ini.

Reporter : Tim
Editor : Syafik