Monday 24th September 2018

81 Orang Berebut 6 Jabatan Perangkat

81 Orang Berebut 6 Jabatan Perangkat
(Peserta Ujian Perangkat Desa Serentak Di Kecamatan Sugihwaras Sedang Mengerjakan Soal Ujian)

Bojonegoro-Meski Ujian Pengisian Perangkat Desa yang digelar hari ini 13-9-2018, baru dimulai pukul 08.00, namun sejak pukul 05.45 beberapa peserta sudah mulai berdatangan ke Madrasah Aliyah Walisongo Sugihwaras Bojonegoro tempat dilaksanakanya.

Ujian perangkat desa kali ini untuk mengisi lowongan perangkat Desa Glagahwangi dan Desa Alasgung, keduanya Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro. Untuk Desa Glagahwangi terdapat 4 Lowongongan perangkat yakni, Sekretaris desa atau Carik yang diperebutkan oleh 16 orang, Kasi Pemerintahan dengan jumlah peserta ujian 17, selanjutnya Kaur Perencanaan dengan peserta 12 dan terakhir 4 orang memperebutkan Kasun Pandean, sementara untuk Desa Alasgung terdapat dua lowongan perangkat yakni Sekretari desa, dengan jumlah peserta ujian 23 orang, dan Kasi Pelayanan yang diperebukan oleh 9 orang.

Sedianya ujian pengisian perangkat desa serentak (karena ada dua desa dalam satu kecamatan yang melakukan pengisian perangkat desa), dimulai pukul 08.00 WIB, namun karena soal untuk Desa Alasgung belum selesai dicetak, karena listrik mati, akhirnya ujian baru dapat dimulai pukul 08.40 dan berlangsung selama 2 jam atau berakhir pukul 10.40, dengan diawasi oleh petugas dari Tim Desa masing-masing, sesuai dengan lowongan masing-masing perangkat desa. Seluruh peserta yang berjumlah 81 orang mengikuti Ujian yang digelar di 6 ruang sesuai jumlah lowongan perangkat desa. Tampak aparat keamanan baik dari kepolisian dan TNI berjaga-jaga diluar ruangan.

Salah satu peserta dari Desa Glagahwangi, yang enggan disebutkan namanya, mengaku kesulitan mengerjakan soal, karena diluar prediksinya, peserta ini lebih banyak belajar tentang pemerintahan tetapi yang keluar lebih banyak soal sejarah Indonesia, soal pemerintahan dan scholastiknya hanya 15 soal “koq lebih banyak soal sejarah” Kata peserta ini usai mengikuti Ujian.

Mulai pukul 11.30 Tim Desa mulai melakukan koreksi dimasing-masing ruangan ujian sesuai dengan lowonganya dengan disaksikan oleh para peserta ujian, dengan didampingi dari pihak kepolisian.

Dalam ujian perangkat serentak di Kecamatan Sugihwaras ini, sesuai kewenangan dalam Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2017, Tim Desa dalam pembuatan soal bekerja sama dengan pihak ketiga, untuk Desa Glagahwangi memilih bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) dari Kecamatan Purwosari, sementara untuk Desa Alasgung lebih memilih bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yakni Universitas Bojonegoro (Unigoro)

Reporter : Tim
Editor : Syafik