Monday 24th September 2018

Padi Jelang Panen, Mati Usai Disiram Air Buangan Limbah

Padi Jelang Panen, Mati Usai Disiram Air Buangan Limbah
(Padi di Sawah Milik Sutomo Desa Ngampel Kecamatan Kapas Bojonegoro Mengering)

Bojonegoro –Tanaman padi milik petani di Desa Ngampel Kabupaten Bojonegoro mengering setelah disiram air sungai yang diduga satu aliran dengan pembuangan air limbah milik perusahaan minyak Pertamina Ep Aset 4 Sukowati Field. Petani menduga akibat air sungai tercampur limbah yang belum kondisi netral saat dibuang.

Sutomo 51 tahun, petani yang beralamatkan di RT 1 RW 1 Desa Ngampel Kecamatan Kapas ini mengatakan, sekitar dua pekan ia mengairi tanaman padinya menggunakan air sungai. Namun kondisinya saat ini malah mengering, padahal tanaman padi tersebut sudah akan memasuki masa panen. “Biasanya subur tapi ini kok malah mati,” ujarnya pada damarkita.com Jum’at 31/08/2018.

Karena dirasa tidak di sebabkan oleh penyakit, Sutomo mencoba menelusuri sungai. Belakangan diketahui ada pipa dengan ukuran besar yang menghubungkan ke lokasi lapangan minyak Sukowati yang dikelola Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field. Ia menduga akibat pembuangan limbah yang belum netral. Kasus ini sudah dilaporkan ke petugas pos lokasi lapangan minyak Sukowati.

(Pipa yang berasal dari Pengeboran Minyak Di PAD A,Desa Ngampel, Kapas Bojonegoro)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan, pihaknya akan mengirim petugas untuk mengecek ke lapangan. “Saya belum cek. Pak Edi (staf di DLH) coba saya suruh ke lapangan,” paparnya.

Sementara itu Legal Relations Sukowati Field Angga Arya mengatakan harus melakukan crosscheck ke lapangan dan menuggu arahan internal

Reporter : Rozikin
Editor :Sujatmiko