Wednesday 14th November 2018

Kampanye Caleg Tunggu DCT

Kampanye Caleg Tunggu DCT
(Lima Komisioner Bawaslu Kabupaten Bojonegoro Saat Pelantikan di Jakarta)

Bojonegoro – Setelah dilantik di Jakarta 15 -8-2018 dan kembali ke Bojonegoro 20 Agustus 2018,  Bawaslu langsung melakukan tugasnya dengan mengirimkan surat kepada partai politik terkait dengan aturan pelaksanaan Kampanye calon Anggota Legislatif.

Dalam surat tertanggal 23-8-2018 tersebut Bawaslu Kabupaten Bojonegoro menyebutkan Undang-undang nomor 7 tahun2017 tentang Pemilu umum, khususnya pasal Kampanye, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018, tentang kampanye, yang salah satu pasalnya menyebutkan bahwa kampanye caleg hanya bisa dilakukan setelah ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Zaenuri membenarkan bahwa pihaknya telah berkirim surat kepada pimpinan Partai politik di Bojonegoro”Himbauan soal kampanye yang kita kirim” Kata Zaenuri.

Sementara itu Komisoner Bawaslu, bidang penindakan, Dian Widodo mengatakan, surat himbauan tersebut adalah bentuk pencegahan agar para caleg tidak melanggar aturan soal kampanye, tentang tata cara dan larangan kampany,  jadi harapanya Pengurus partai politik melakukam sosialisasi terkait aturan-aturan tersebut “tetapi jika tetap melakukan pelanggaran, kita lakukan penindakan” Ujar Dian Widodo.

Dari partai politik, Choirul Anam, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mengatakan belum mengetahui surat dari Bawaslu tersebut “Belum tahu” Kata Politisi asal Kepohbaru ini.

Reporter : Rozikin
Editor : Syafik