Tuesday 11th December 2018

Dukung Asian Games, 961 Siswa Gelar Parade

Dukung Asian Games, 961 Siswa Gelar Parade
(Parade Kebangsaan Pelajar SMPN 1 Bojonegoro, Peringati HUT RI 73 dan Dukung Asian Games 18)

Bojonegoro – Bulan Agustus 2018 menjadi moment istimewa untuk Bangsa Indonesia, selain Peringatan Hari Kemerdekaan ke 73, juga ada perhelatan olah raga Internasional yang digelar di Jakarta dan Palembang dalam event Asian Games. Seluruh bangsa Indonesia memperingati HUT RI dan memberikan dukungan suksesnya Asian Games dalam berbagai bentuk kegiatan. Salah satunya adalah Pelajar di Kabupaten Bojonegoro dengan menggelar parade kebangsaan hari Sabtu 18-8-2018, yang diikuti oleh 961 Siswa sesuai dengan jumlah atlit Asian Games ke 18 ini.

Sesuai yang di sampaikan Humas Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bojonegoro Siti Alifah, dalam parade kebangsaan yang dimulai pukul 07.15, dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama bertemakan “Upaya Kita Untuk Bangsa” dengan menampilkan berbagai program sekolah diantaranya Program Penguatan Karakter dengan berbagai sub program diantaranya Sabtu Dongeng, Jum’at Bersih, selain itu ada Program Literasi dengan Kamis Baca, Ngaji serta Program ketrampilan abad 21 yang mengedepankan Critical Thinking, Communication, Collaboration and Creativity. Dan Terakhir dalam banner yang dibawa oleh pelajar juga tertera program Sustainable Education dengan tema lingkungan dengan akronim SEKAM yakin Sampah , Energi, Keanekaragaman, Air dan Makanan.

Kelompok berikutnya adalah dukungan untuk Asian Games ke 18, dengan membentangkan banner bertuliskan “Gawe Nasional Untuk Dunia”, dukungan diwujudkan dalam bentuk para pelajar membawa Replika Obor dan Atlet Asian Games Indonesia, dan disusul dengan pelajar yang membawa Tulisan Negara peserta Asian Games dengan membawa peralatan olahraga seperti Raket, Busur Panah dan atribut olahraga yang lain.

Menurut Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bojonegoro Lasiran, parade kebangsaan dengan rute Start Depan SMPN 1 Jalan MH Thamrin –  Panglima sudirman- HM Suroko-Imam Bonjol dan Finish kembali di SMPN 1 ini, dalah perwujudan dari konstruksi bangsa, yang dimulai dari yang dilaksanakan bangsa ini hingga melahirkan prestasi dan Lorong waktu yakni sejarah kehadiran bangsa dan terakhir gawe besar nasional untuk dunia, di sini menyatukan tekat dan semangat dengan di iringi do’a “Do’a supaya sukses dalam pelaksanaan maupun sukses dalam prestasi kepada atlit Indonesia” pungkasnya.

Masih menurut Lasiran, Harapannya anak anak akan tergugah pemikiranya dan masyarakat mengetahui kegiatan ini sebagai perwujudan keadaan Indonesia yakni persatuan dan kesatuan bangsa, kebhinekaan dan kemajemukan di momentum 73 tahun Indonesia merdeka.

Reporter : Rozikin
Editor : Syafik