Thursday 13th December 2018

Petugas Salah Instalasi Panel Listrik , TV dan Kulkas Warga Meledak

Petugas Salah Instalasi Panel Listrik , TV dan Kulkas Warga Meledak
(Mediasi Petugas PLN dengan Warga Desa Kapas Kecamatan Kapas Pasca Meledaknya Beberapa Peralatan Elektronik)

Bojonegoro-Warga RT 9, 10, 11 Desa Kapas Kabupaten Bojonegoro hari ini 8-8-2018, pukul 14.30 WIB berhamburan keluar rumah setelah peralatan elektronik yang dinyalakan tiba-tiba meledak, selain khawatir ,warga ingin memastikan kondisi dirumah warga yang lain, ternyata beberapa warga yang kebetulan menyalakan peralatan elektronik mengalami nasib yang sama.

Heru Nur Mustofa, salah satu warga Desa Kapas menceritakan pada pukul 10.00 WIB, Pihak petugas dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan penggantian panel listrik di gardu Listrik yang terletak di Desa Kapas, dengan ukuran yang lebih besar dan listrik di wilayah tersebut dipadamkan namun tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari Pihak PLN Bojonegoro terkait pemadaman tersebut.

Pada pukul 14.30 Listrik sudah dinyalakan, pada saat itulah beberapa peralatan elektronik milik warga seperti Kulkas, TV, Mesin Foto copy, Lampu ketika dinyalakan meledak, warga pun berhamburan keluar rumah, ada juga TV milik warga yang terbakar dan disiram air “Warga keluar rumah semua” kata Heru-panggilanya-

Lebih lanjut, Heru menyampaikan selanjutnya warga melaporkan kejadian tersebut ke PLN Bojonegoro tetapi tidak ada jawaban, warga yang berkerumun disekitar gardu yang diperbaiki semakin banyak, tidak beberapa lama petugas dari PLN datang ke gardu tersebut. Warga juga melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian Sektor (Polsek) Kapas, hampir bersamaan anggota Polsek Kapas datang ke Lokasi. Setelah melakukan pengecekan terhadap Panel listrik yang baru dipasang dan diawasi oleh supervisornya ternyata ada kekeliruan pemasangan pada Jalur netral yang ternyata di pasang Kabel yang berisi aliran listrik (Stroom). Heru berharap komitmen dari PLN untuk memberikan ganti atas peralatan elektronik warga yang rusak. “ Kalau kerugian ya Puluhan Juta” Imbuh Heru

(Beberapa Peralatan Elektronik milik warga yang Rusak )

Hal yang sama juga dialami warga di Desa Semen Pinggir, Kecamatan Kapas, yang Kabel Listriknya satu jalur dengan jalur di Desa Kapas,Sejumlah peralatan elektronik seperti Televisi dan kulkas milik sejumlah warga meledak saat listrik menyala yang sebelumnya terjadi pemadaman sejak pagi “tadi saya kaget saat listrik menyala stop contak mengeluarkan asap dan muncul percikan api” pungkas Adhimah.

Warga lain, Sunjani, sepulang bekerja mendengar adanya kejadian tersebut langsung memeriksa barang barang elektroniknya, ternyata kulkas yang ia miliki juga rusak rusak dan berbau terbakar di bagian mesinnya “tak nyalakan gak bisa, bau seperti usai terbakar” pungkasnya dengan logat jawa.

Pihak PLN yang datang di Lokasi Gardu listrik melakukan mediasi yang disaksikan oleh Kepala Desa Kapas dan Bintara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Semen Pinggir, Brigadir Polisi Yudha. Dari hasil mediasi tersebut pihak PLN akan mengganti Peralatan Elektronik yang rusak. Selanjutnya masing-masing Kepala RT mendata peralatan elektronik warga yang rusak.
Beberapa Ketua RT langsung melakukan pendataan seperti Ketua RT 10 RW 1 Ahmad Chozin mengatakan, pihaknya saat ini mendata warganya yang tv dan kulkas serta kerusakan elektronik lainnya yang rusak “sudah ada beberapa yang mengadukan, kita minta foto copy ktp dan jenis barang yang rusak” pungkasnya.

Manager operasional PLN Rayon Bojonegoro Fikih Bogota membenarkan kejadian tersebut. Atas kejadian tersebut pihaknya menyampaikan permohonan maaf dan sudah melakukan perbaikan terhadap kejadian tersebut serta melakukan investigasi. Lebih lanjut Fikih Bogota menjelaskan Supervisor teknik dari PLN dan petugas sudah berada di sekitaran lokasi utk mengawal tindak lanjutnya “Kami sudah melakukan dialog dengan masyarakat “ Kata Fikih Bogota ketika dihubungi melalui saluran Whatsapp.

Reporter : Rozikin
Editor : Syafik