Saturday 15th December 2018

Sekretaris Tetap, Ketua Aji Bojonegoro Ganti

Sekretaris Tetap, Ketua Aji Bojonegoro Ganti
(Pengukuhan Ketua dan Sekretaris Aji Kota Bojonegoro-Tuban Oleh Revolusi Reza, Sekretari AJI Indonesia)

Bojonegoro –Pemilihan Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bojonegoro-Tuban berlangsung lama, pasalnya pada pembahasan Tata tertib (Tatib) Pemilihan Ketua dan Sekretaris Aji banyak usulan dan perbedaan pendapat dari para peserta Konferensi Kota (Konferta). Dalam sidang tatib yang dipimpin oleh Amrullah Ali Mubin dan Muhammad Roqib, akhirnya disepakati pemilihan dilaksanakan dengan sistem paket yakni ketua dan sekretaris.

Proses pemilihan diawali dengan memilih bakal calon ketua dan sekretaris, dari 26 anggota Aji Kota Bojonegoro-Tuban yang hadir 20 Jurnalis dari Bojonegoro dan Tuban, semua punya hak untuk dipilih. Setelah dihitung tidak ada satu pasangan bakal calon ketua dan sekretaris yang mendapatkan 5 suara seperti ketentuan dalam Tatib. Selanjutnya melalui kesepakatan dengan peserta Konferta Aji diputuskan untuk di lakukan pemilihan ulang untuk pasangan bakal calon yang memiliki suara terbanyak “saya usul agar pemilihan ulang bakal calon untuk yang suara terbanyak saja” Kata Sujatmiko salah satu peserta Konferensi.

Dari hasil pemilihan ulang didapatkan pasangan Amrullah-Khorij mendapatkan 5 Suara, pasangan Khorij-Amrulloh 7 Suara dan Khorij-Deddy mendapatkan 6 Suara , baik khorij maupun Amrullah menyatakan siap jika terpilih menjadi Ketua.

Setelah itu dilakukan pemilihan akhir dengan hasil pasangan Amrullah –Khorij mendapatkan 9 Suara, Pasangan Khorij-Deddy mendapatkan 8 Suara dan Pasangan Khorij – Amrullah mendapatkan 2 Suara.

Dan dari hasil pemilihan akhir diputuskan oleh Konferta Aji Kota bahwa untuk Ketua Aji Bojonegoro periode 2018 – 2021 adalah Amrullah Ali Mubin dan Sekretaris Khorij Zaenal Ansori, Keduanya adalah Jurnalis Radar Bojonegoro. Amrullah menggantikan Ketua Aji Kota sebelumnya Anas Abdul Ghofur, dan sekretarisnya tetap dijabat oleh Khorij, ketiga-tiganya adalah Jurnalis dari Radar Bojonegoro.

Sebelum pelaksanaan Pemilihan Ketua baru, Anas Abdul Ghofur Ketua periode sebelumnya menyarankan agar yang menjadi ketua adalah yang lebih senior “”saya berharap nantinya yang terpilih yang lebih senior” Kata Anas-Panggilanya-

Sebelum pelaksanaan pemilihan ketua dan sekretaris, Konferta Aji yang digelar 28-7-2018 di Hotel Griya Dharma Kusuma ini di isi dengan ngobrol bareng Revolusi Reza, Sekretaris Jendral AJI Indonesia yang juga Jurnalis dari CNN Indonesia.

Reporter : Rozikin
Editor : Syafik