Monday 15th October 2018

Harga Ayam Naik, Warga Beralih ke Ikan Bengawan Solo

Harga Ayam Naik, Warga Beralih ke Ikan Bengawan Solo
(Pedagang Ayam Potong di Pasar Kota Bojonegoro)

Tuban-Warga di Kabupaten Tuban-Bojonegoro dan Lamongan, Jawa Timur memilih mengkonsumsi ikan Sungai Bengawan Solo, dalam beberapa hari ini. Menyusul harga ayam potong yang naik hingga Rp 48 ribu perekor dari sebelumnya Rp 30 ribu hingga Rp 33 ribu perekor.

Ikan air tawar dari Sungai Bengawan Solo yang mengalir di Bojonegoro-Tuban-Lamongan, harganya relatif murah. Ikan endemic Bengawan Solo, seperti bader, rengkik, areng-areng, jendil (patin lokal), nilai harganya tak lebih dari Rp 23 ribu perkilogramnya. Harga ikan air tawar sungai itu juga masih stabil meski dalam pekan-pekan ini harga telur dan ayam potong naik.

Ikan air tawar hasil tangkapan yang dikonsumsi masyarakat di tiga kabupaten tersebut juga relatif masih segar. Pun demikian, untuk mendapatkan ikan dari sungai juga mudah didapat. ”Untuk sementara kita beralih ke ikan Bengawan Solo,” ujar Prapti,47 tahun, guru sekaligus ibu rumah tangga di Bojonegoro, Senin (23/7/2018).

Ikan dari Sungai Bengawan Solo, mudah didapat di beberapa pasar tradisional di Tuban. Seperti di pasar Kecamatan Rengel, Pasar Kota Tuban dan juga kerap dijual di pinggir-pinggir sungai saat pagi hari tiba. Demikian juga ikan mudah dibeli di pasar tradisional di Bojonegoro. Seperti Pasar Besar Kota, Pasar Banjarejo, Pasar Sumberejo, Pasar Baureno, Bojonegoro. Kemudian di Pasar Babat dan Pasar Kota Lamongan. “Harganya, belum naik,” ujar Kasmidi, penjual ikan di Pasar Rengel, Tuban  Senin (23/7/2018).

Harga ayam potong di pasar tradisional di Bojonegoro, seperti Pasar Besar Kota, Pasar Banjarejo, Pasar Baureno dan Pasar Sumberejo, naik lebih dari 35 persennya. Dari sebelumnya Rp 30 ribu per ekor kini naik hingga Rp 45 ribu hingga Rp 48 ribu per ekornya.

Kenaikan yang sama juga terjadi di beberapa pasar di Kabupaten Tuban. Seperti di Pasar Kota, Pasar Rengel, dan juga di pasar Soko. Begitu juga beberapa pasar di Kabupaten Lamongan, di antaranya di Pasar Babat, Pasar Kota. Sebagian besar ayam potong disuplai dari beberapa kota di Kediri, Tulungagung dan Blitar. Suplai ayam potong juga dari beberapa peternak di pinggiran Bojonegoro dan Tuban.

Reporter : Tim
Editor : Sujatmiko