Saturday 15th December 2018

Pertamina Didorong Beli Lahan Sumur Sukowati

Pertamina Didorong Beli Lahan Sumur Sukowati
(Heri Aminanto Field Manager Blok Tuban/Sukowati, pada acara temu media)

Bojonegoro-Pihak PT Pertamina didorong untuk membeli lahan sumur minyak Sukowati dan daerah operasionalnya seluas 50 hektare. Program pembelian lahan ini sesuai rekomendasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK-Migas). “Ya, kita berupaya membeli lahan,” ujar  Field Manager PT Pertamina Asset 4 Field Sukowati Heri Aminanto di sebuah acara di Tuban, Rabu (18/7/2018).

Heri Aminanto mengatakan, selama beroperasi, Sumur Sukowati dan daerah operasionalnya tanah seluas 50 hektare berstatus kontrak. Tanak seluas itu sebagian milik masyarakat dan juga ada beberapa di antaranya tanah bengkok alias tanah Negara yang dikelola desa. Sedangkan arealnya tersebar di Kecamatan Kapas, Kecamatan Kota Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Juga terdapat di Kecamatan Soko, Rengel, sebagian di Plumpang dan Palang, Kabupaten Tuban.

Untuk nilai kontraknya sebesar Rp 15 miliar per lima tahunnya. Saat itu Field Sukowati masih dioperatori Joint Operating Body Pertamina-PetroChina East Java (JOB-PPEJ). Tetapi kemudian Field Sukowati dikelola penuh oleh Pertamina EP terhitung mulai 20 Mei 2018 hingga sekarang ini.

Menurut Heri Aminanto, setelah PT Pertamina EP mengelola penuh Field, maka ada turun rekomendasi dari pihak SKK Migas, agar tidak hanya kontrak tanah di lahan sumur minyak tapi juga diupayakan untuk membeli lahan. Termasuk juga tanah yang digunakan untuk pipa minyak 10 inci dari Sumur Mudi, Soko hingga ke Kecamatan Palang, Tuban, panjang lebih dari 30 kilometer. “Ini rekoemndasi SKK-Migas, untuk membeli lahan bukan kontrak,” paparnya.

Heri Aminanto tidak memberikan keterangan lebih rinci terkait proses pembelian tanahnya. Terutama saat operasional Field Sukowati dikelola JOB-PPEJ tahun 2006 silam. Dia hanya menyebut, soal akan membeli lokasi Sumur Sukowati sudah lama”Rencana ini sudah lama,” imbuhnya.

Reporter : Tim
Editor : Sujatmiko