Monday 15th October 2018

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Tunggu Surat Dari KPU RI

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Tunggu Surat Dari KPU RI
(Ketua KPU Bojonegoro, Abdim Munif)

Bojonegoro – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Bojonegoro belum menetapkan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, meski pada 5 Juli 2018 yang lalu KPU telah menetapkan hasil rekapitulasi hasil suara pilkada serentak yang berlangsung pada 27 Juni 2018.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro Abdim Munif, pihaknya masih menunggu surat dari KPU RI, karena berdasarkan Memorandum Of Understanding (MOU) antara KPU RI dengan Mahkamah Konstitusi. KPU RI akan mendapatkan surat dari kepaniteraan Mahkamah Konstitusi, kemudian akan di teruskan ke KPU daerah “kita masih menunggu surat dari KPU RI tentang daerah yang mengajuan gugatan sengketa pilkada” pungkasnya pada damarkita.com Selasa 10/07/2018.

Sehingga KPU daerah menetapkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, jika surat dari KPU RI tersebut menjelaskan tidak ada gugatan dalam sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi, maka KPU daerah akan menetapkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih sesuai dengan hasil rekapitulasi yang telah di laksanakan dengan suara terbanyak, namun jika ada gugatan maka penetapan akan di lakukan sesuai hasil gugatan yang di putuskan oleh Mahkamah Konstitusi.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum ataupun di Undang Undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan umum, untuk batas waktu pengajuan gugatan sengketa pilkada sendiri di atur selama tiga hari kerja setelah penetapan hasil rekapitulasi surat suara oleh KPU.

Reporter :Rozikin
Editor : Syafik