Monday 15th October 2018

Meski Olahraga Baru, Atlet Bojonegoro Rebut 2 Emas di Kejurporv Petanque

Meski Olahraga Baru, Atlet Bojonegoro Rebut 2 Emas di Kejurporv Petanque
(Kejurprov-3 Petanque di Probolinggo 2018)

Bojonegoro – Atlet cabang olahraga Petanque asal Bojonegoro, berhasil meraih 2 medali emas dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Petaque ke-3 tahun 2018, yang diselenggarakan di Kota Probolinggo, pada 07-08 Juli 2018.

Dua medali tersebut diraih dari kategori Double Putra yakni pasangan Yossyan dan Fachrudin A dan Triple Putra, Wahyu Widodo, Rendy Eko dan Muh Karim. sementara hasil akhir perolehan medali dalam kejuaraan tersebut, kontingen Bojonegoro menduduki posisi ketiga dengan 2 emas, dibawah tuan rumah Kota Probolinggo yang menduduki posisi pertama dengan memperoleh 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu dan Kabupaten Lamongan yang menduduki posisi kedua dengan 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Prestasi atlet Petanque mendapat apresiasi dari Ketua Kominte Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Bojonegoro Lukman wafi. Dalam keteranganya Mantan Kepala Bakesbangpolinmas Bojonegoro ini mengatakan meski Petanque adalah olah raga baru di Indonesia khususnya di Bojonegoro tapi atlet -atletnya telah mengukir prestasi di tingkat Provinsi “Ini patut kita banggakan” Kata Lukman Wafi.

Pelatih Petanque Bojonegoro , Hernowo mengatakan capaian yang diraih saat ini belum memuaskan, meski dari sisi teknik sudah sama dengan atlet dari kabupaten lain tetapi hanya kurang jam terbang saja, untuk itu pihaknya berencana lebih banyak mengikuti kejuaraan-kejuaraan Petanque dan melaksanakan pertandingan persahabatan/Sparring partner “Kurang jam terbang saja” Kata Guru di SMPN 2 Kedung adem ini.

Lebih lanjut, Guru yang juga mengajar di SMK Walisongo, Sugihwaras, ini mengatakan, untuk menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Kejurprov) yang rencananya akan diselenggarakan di Bojonegoro, Timnya harus meningkatkan latihan dan membuat lapangan Petanque.

Sementara itu Manajer tim, Ebta Heri Susanto MPd, menjelaskan, bahwa para atlet asal Bojonegoro yang dikirim dalam kejurprov ini, berdasarkan seleksi kabupaten, dari atlet-atlet terbaik di Bojonegoro “Meski baru, Petanque bisa jadi olahraga andalan Kabupaten Bojonegoro” Kata Ebta –Panggilanya-

Cara bermain Petanque (diucapkan [pe.tɑ̃ːk] dalam bahasa Perancis atau pay/tah~k atau petong) cukup sederhana yakni dengan melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut Cochonet. Posisi pemain berada pada lingkaran berukuran 30-50 cm pada jarak tertentu dalam lapangan petanque.

Awalnya Petanque merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan jaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM, versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat, di Provence, di selatan Perancis (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pétanque)

Reporter : Tim
Editor : Syafik