Thursday 13th December 2018

Buruh Pilih Rekreasi Daripada Demonstrasi

Buruh Pilih Rekreasi Daripada Demonstrasi
( Wisata Pantai Kutang, di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan)

Lamongan- Aji Warsito buruh salah satu perusahaan elektronik di Surabaya ini sengaja mengajak istri dan dua anaknya menikmati eksotisme Pantura di Wisata Pantai Kutang.” Lebih baik rekreasi bersama keluarga dari pada ikut demonstrasi ” ujar pria asal Kecamatan Kedungpring ini.

Bagi Aji Warsito moment kebersamaan bersama keluarga sangat mahal nilainnya karena tidak setiap hari Aji Warsito bisa bersama keluarga,pasalnya Aji Warsito harus indekost di Surabaya tempat dia mengais rejeki untuk anak dan istri.
Aji Warsito adalah salah satu buruh yang lebih memilih rekreasi untuk mengisi liburan Hari Buruh Se Dunia daripada ikut demontrasi, Selasa 1-5-2018. Dan pilihan Aji Warsito adalah wahana Wisata Pantai Kutang (WPK) yang terletak di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Dirinya sengaja memilih berekreasi di Wisata Pantai Kutang karena selain murah meriah wisata di tepi pantai Utara ini mulai populer keberadaannya.” Murah meriah mas. Anak-anak bisa sepuasnya bermain di pasir dan air laut, ” ungkapnya.

Buruh lain yang juga memilih rekreasi daripada demonstrasi adalah Herawati asal Kecamatan Plumpang, Tuban ” Jenuh mas setiap tahun demonstrasi terus, ” ungkap wanita berkerudung ini. Lebih lanjut Herawati yang sudah bekerja selama lima tahun di Perusahaan produksi sepatu di Surabaya ini, merasa penghasilan yang diterima saat ini sudah cukup untuk membantu ekonomi keluarga.

Wisata Pantai Kutang sendiri menjadi destinasi wisata yang sedang ngetrend tiga tahun terakhir. Selain menawarkan keindahan pasir putih, eksotisme laut dan mangrove, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang selama ini dibangun oleh pemerintah desa.
Diantara Spot di tempat Wisata yang dikelola oleh Pemerintahan Desa Labuhan ini, Jembatan Pelangi adalah salah satu Spot yang menjadi idoal para pengunjung. Diatas jembatan sepanjang sekira satu kilometer yang melintang diatas laut ini pengunjung bisa menikmati pesona bawah laut dan debur gelombang yang saling berkejaran “kita terus bangun wahana wisata yang lebih menarik untuk menarik wisatawan, ” kata Kepala Desa Labuhan Afnan Efendi.

(Suasana Senja di Wisata Pantai Kutang)

Jumlah wisatawan yang berkunjung di Wisata Pantai Kotangan dari tahun ke tahun semakin meningkat tidak hanya dari Jawa Timur tetapi juga dari Luar Propinsi hingga Wisatawan Mancanegara “Pengunjung bisa Ribuan ketika hari Minggu dan hari libur nasional” tandas Kades muda ini.

Menurut Pengelola Wisata Pantai Kotang, Safik Sampurno, selain wisatawan yang rekreasi, juga banyak pengunjung dari berbagai universitas di Jawa Timur, organisasi dan lembaga yang datang ke pantai Kutang untuk melakukan studi dan penelitian tentang habitat mangrove dan ekosistem laut ” Berbagai kontes dan perlombaan juga sering di selenggarakan di pantai Kotang, ” tambah Safik Sampurno yang juga Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Barokah Mamur”

Untuk masuk Ke Wisata Pantai Kutang, wisatawan cukup membayar biaya parker, untuk kendaraan roda dua hanya Rp. 3.000, atau Tiga Ribu Rupiah dan Kendaraan Roda Empat Rp. 6.000 (Enam Ribu Rupiah) dan untuk masuk tempat Wisatanya hanya membayar Rp. 1.000 Seribu Ruiah saja. Dengan Eksotisme dan banyaknya wahana harga ini sangat murah, Jadi sangat wajar Wahana Wisata Pantai Kutang saat ini menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi, Ingin membuktikan Keindahan dan eksotisme pantai ini, datang saja ke Wisata Pantai Kutang.

Reporter : Mahardika Akbar
Editor : Syafik