Saturday 15th December 2018

Dana Kampanye Basudewa hanya Rp 1 Juta

Dana Kampanye Basudewa hanya Rp 1 Juta
(Grafis/Syafik)

Bojonegoro-Empat pasangan calon (paslon) yang sudah ditetapkan telah menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke KPU Bojonegoro. Laporan Dana Kampanye ini, bagian dari syarat yang harus dipenuhi para paslon untuk berkompetisi di Pilkada Bojonegoro.

Dari Laman KPU Bojonegoro disebutkan bahwa sumber dana atau penerimaan dana kampanye dari paslon, hanya satu yang berasal dari Ketua Tim Kampanye. Yaitu dari Paslon Basuki – Pudji Dewanto yang mendapatkan sumbangan dana dari Budiono.

Rinciannya, untuk paslon nomor I, Soehadi Moeljono-Mitroatin masing masing menyumbang Rp. 75.000.000 sehingga total dana awal untuk kampanye Rp 150 Juta. LADK dari pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Golkar ini paling terperinci untuk pengeluaranya periode 10 Januari – 12 Februari 2018. Sedangkan yang sudah dibelanjakan untuk dana kampanye sebesar Rp 147 juta lebih. Pengeluaran tertinggi untuk pembuatan banner mencapai Rp 30 Juta.

Sementara untuk Paslon Mahfudhoh – Kuswiyanto dengan nomor urut 2 dari Gabungan Partai Amanat Nasional, Hanura dan Nasdem, periode laporan 12 Pebruari – 14 Pebruari 2018 mencatatkan dana awal kampanye sebesar Rp 5 juta. Anggarannya berasal dari Calon Bupati Mahfudhoh. Sedangkan dari formulir LADK-1 Parpol belum ada keterangan pengeluaran untuk kampanye.

Dari Paslon nomor 3, Anna Mu’awanah dan Budi Irawanto dalam Formulir Model LADK – 1 Parpol tidak menyebutkan periode laporan. Tetapi ada disebutkan sumbangan Paslon sebesar Rp 150 Juta tidak menyebutkan penggunaan dana, terhitung sampai laporan ini disampaikan pada tanggal 14 Februari 2018 lalu.

Pasangan Calon terakhir dari Partai PPP dan Partai Gerindra dengan nomor urut 4 yakni Basuki – Pudji Dewanto dalam laporan dana awal kampanye untuk periode 1 Desember 2017 – 14 Pebruari 2018, hanya sebesar Rp 1 Juta atas nama Budiono. Sayangnya tidak ada perincian lebih lanjut tentang penggunaan dana tersebut.

Reporter : Syafik
Editor : Sujatmiko

Sumber : kab-bojonegoro.kpu.go.id