Saturday 15th December 2018

Sisa Sepekan, Koalisi Partai di Bojonegoro Baru Ada Dua Calon

Sisa Sepekan, Koalisi Partai di Bojonegoro Baru Ada Dua Calon
(Grafis/Syafik)

Bojonegoro-Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bojonegoro akan berlangsung pada 8 hingga 10 Januari 2018 mendatang. Meski pendaftaran menyisakan sepekan, baru ada dua bakal calon yang resmi diusung dari koalisi partai.

Menurut anggota Komisi Pemilihan Umum Bojonegoro, Fathurrohman, ada empat persyaratan yang wajib dilengkapi bakal calon Bupati-Wakil Bupati jika hendak mendaftar. Dalam prosesnya tidak ada toleransi perbaikan setelah masa pendaftaran selesai.
Empat persyaratan itu, berupa surat pencalonan atau formulir B, KWK. Kemudian ada rekomendasi Surat Keputusan DPP Partai pengusung atau formulir B,1-KWK. Lalu ada pernyataan koalisi partai pengusung atau formulir B,2-KWK, pernyataaan partai koalisi dengan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung B,2-KWK “Kalau empat hal itu tidak terpenuhi otomatis gugur,” katanya pada DamarKita di Kantor KPU Bojonegoro, Rabu (3/1/2018).

Seperti diketahui, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bojonegoro yang sudah resmi mendapatkan surat rekomendasi partai pengusung baru dua pasangan. Yaitu yaitu Anna Muawanah – Budi Irawanto yang diusung koalisi Partai Kebangkitan Bangsa dengan 6 kursi di DPRD Bojonegoro dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan 5 di DPRD Bojonegoro atau total ada 11 kursi. Pasangan kedua yaitu Soehadi Moelyono – Mitroatin diusung koalisi Partai Demokrat dengan 7 kursi di DPRD dan Partai Golkar 7 kursi di DPRD atau total 14 kursi. Sedangkan syarat yang ditetapkan KPU Bojonegoro harus mencukupi minimal 10 kursi di DPRD Bojonegoro.

Dengan sisa 26 kursi di DPRD Bojonegoro, makanya masih ada celah koalisi partai untuk mengusung dua bakal calon lagi. Partai yang belum mengusung calon, yaitu PPP dan PAN masing-masing 6 kursi, Gerindra 5 kursi, PKS 4 kursi, Hanura dan Nasdem masing-masing 2 kursi dan PKPI ada satu kursi.

Sedangkan nama-nama yang sudah muncul, seperti Basuki birokrat di Pemerintah Bojonegoro, Puji Dewanto praktisi, Mahfudhoh Suyoto, Kuswiyanto—politisi serta Sutrisno pengusaha. Mereka ini berpeluang untuk masuk bursa pencalonan untuk Pilkada Bojonegoro periode 2018-2023 mendatang

Reporter : Rozikin
Editor : Sujatmiko